Bahan Baku Pakan Ternak Konsentrat Sapi Penggemukan

Bahan Baku Pakan Ternak Konsentrat Sapi Penggemukan

Pakan Ternak merupakan kebutuhan bagi hewan antara lain sapi, kambing, kuda, kerbau, ayam dan hewan ruminansia lainnya. Apabila kebutuhan nutrisi ini tidak tercukupi maka yang akan terjadi yaitu pertumbuhan ternak serta perkembangan kurang bagus. Maka dari itu peternak harus bisa pandai memilih bahan baku pakan konsentrat yang berkualitas, baik dalam segi kadar air maupun gizi nutrisi dalam pakan. Berikut ini kami jabarkan beberapa poin penting bahan baku pembuatan pakan konsentrat untuk sapi dan kambing.

1. Katol Padi

konsentrat sapi, bahan baku ternak, katol padi


Jual Konsentrat Sapi dan Kambing Domba Penggemukan 4 Bulan Panen

Pemilihan bekatul padi sangat banyak kita temukan di pedesaan dengan harga murah, selain itu kualitasnya cukup mempuni bagi ternak khususnya bagi kalangan menengah kebawah. Bahan baku pakan ini merupakan makanan pokok untuk sapi maupun kambing, jadi kita pilih bekatul yang tidak tengik atau sudah lama tersimpan. Usahakan mencari sellep padi yang baru proses, sehingga tingkat kesukaan pada ternak inilah poin terpenting dalam pemilihan bahan baku pakan.

2. Bungkil Sawit

Pakan sapi, konsentrat ternak, Bungkil Sawit

Dijawa khususnya bahan baku ini sangat sulit kita temukan, apabila kita ingin memakai bungkil sawit perlu didatangakan dari luar jawa seperti Kalimantan dan Sumatera. Harganya pun berfariatif antara 1500 sampai 2000/kg, namun tergantung juga pada ekspedisi jarak termpuh pengiriman.

3. Bungkil Kopra 

Bungkil Kopra, Pakan Sapi Penggemukan


Mempunyai tingkat protein yang tinggi, bungkil kopra banyak dicari oleh peternak sapi atau domba untuk dijadikan bahan prioritas pakan campuran. Tidak jarang kita temukan bahan baku satu ini, namun tempatnya berada pada tanah yang subur karena terdapat didaerah penghasil kelapa. Melalui tahapan proses lama, sehingga menghasilkan bungkil kopra untuk pakan ternak.

4. Ampas Tahu
 Ampas Tahu dari bahan baku kedelai banyak kita temukan di UMKM pembuatan tahu, terkadang ampas tahu ini tidak begitu dimanfaatkan. Padahal pemberian ampas tahu kepada sapi khususnya akan membuat pertumbuhan jadi cepat gemuk. Maka dari itu mulai sekarang carilah ampas tahu sebagai pakan sapi utama karena akan lebih menguntungkan dari pada mencari yang sulit kita temukan.

5. Pollard
Bahan dari gandum didatangkan langsung dari luar negeri, sekarang keberadaanya sangat langka kalau adapun harga nya sangat mahal sehingga peternak tidak bisa menjangkau pembelian pollard. Peralihan pollard ke pakan lain sekarang ini banyak terjadi untuk meminimalisir kerugian dalam memelihara sapi dan kambing.

6. Ampok Jagung

Harga Ampok Jagung, pakan Ternak


Distributor Pakan Ternak Sapi Potong Penggemukan

Jagung digiling halus sehingga menghasilkan ampok jagung yang dibuat untuk pakan ayam dan bahan campuran ruminansia juga. Harga murah namun bernutrisi tinggi ampok jagung menjadi rebutan peternak, permintaannya pun tidak sedikit kareana keunggulan pakan ini keuntungan peternak menjadi naik. Namun akhir akhir ini harga jagung sangat tinggi, sehingga ampok jagung juga ikut naik.

Harga Jual Pakan Ternak Konsentrat Sapi

Itulah sebagian beberapa jenis bahan baku pembuatan Konsentrat Sapi, untuk selanjutnya masih banyak lagi bahan baku murah dan mudah akan kami posting untuk anda khususnya peternak modern atau milenial. Tidak usah ngarit tinggal kita berikan kepada sapi dalam bentuk kering atau comboran. Mudah mudahan bisa membantu kalian semua untuk menjadi peternak yang sukses, apabila ada pertanyaan tentang pakan Konsentrat Sapi penggemukansilahkan hubungi kami melalui contac WA yang telah tersedia di website ini. Demikian dari kami apabila ada kekurangan bisa coment pada contac, semoga sedikit banyak bisa membantu anda.
author
Imam Sibaweh
Kami akan membantu dan membimbing para peternak agar menjadikan sapi sehat berkelanjutan dan menguntungkan,
Hubungi kami
Phone / WA +6282143492720.